Rabu, 08 Desember 2010

Cara gampang mempartisi hardisk menjadi berapapun

Bagi sebagian pengguna komputer terutama mereka yang suka mengutak atiknya, tentu bagian mempartisi hardisk juga merupakan hal yang lumrah dilakukan. Kenapa hardisk perlu dipartisi ataupun dibagi menjadi beberapa bagian. Ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan.


  1. Menjaga kesinambungan diantara system operasi. Jaman sekarang jamak orang menjubeli satu komputer dengan beragam system operasi. Mungkin Windows XP bersanding dengan Vista, atau dengan Win 7 atau mungkin dengan bermacam distro Linux.
  2. Supaya waktu booting cepat. Karena kita memisahkan antara file system dengan data kita.
  3. Mudah dalam mem-backup file jika sewaktu kita memerlukannya.
  4. Memudahkan dalam Scanning virus, jika komputer kita terjangkiti malware.
  5. Ketika system rusak dan mesti install ulang, maka data kita yang ada di partisi lain tidak terpengaruh.
  6. Mudah dalam mengalokasikan jenis - jenis data.
Jika kita beli komputer biasanya sudah ada minimal 2 partisi yaitu C dan D. Partisi C umum digunakan untuk alokasi file system operasi, kemudian partisi D kita bisa menggunakannya untuk alokasi file dan data kita. Kadang kita melihat komputer teman kita partisinya kok banyak banget ya? bagaimana cara mempartisinya? ternyata gampang dan tidak seribet seperti ketika kita mempartisi melalui perintah FDISK dari command prompt. Gunakan saja software gratis yang berlabel "MiniTool Partition Wizard Home Edition 5.2"

Aplikasi ini memang digunakan untuk mempartisi hardisk dari system. Artinya kita perlu menginstal di system operasi yang kita gunakan. Bukan mempartisi dari booting. Kalau hardisk kita baru beli, bisa kita gunakan perintah Fdisk dari cd yang bootable, tapi untuk cd system operasi windows sekarang rata rata bootable, berarti kita bisa memparisinya tanpa harus melakukan dengan cara dengan mengetik Fdisk dari A prompt. Karena akan ada pertanyaan jika kita ingin mempartisi ataupun ingin menghapus partisi. Tapi memang tidak sekomplit software khusus yang digunakan untuk tujuan partisi ini. Contohnya seperti yang saya gunakan, dengan Mini Tool Partition Wizard ini kita bisa mempartisi sebanyak yang kita inginkan.

Selain mempartisi kita bisa menggunakannya untuk merubah ukuran [resize] dari partisi tersebut, mem-format, menghapus partisi, menggabungkan partisi dan masih banyak macam fungsinya. Dan dalam penerapan resize ataupun menggabungkan [merger] partisi tidak mempengaruhi data yang ada dalam hardisk kita. Aplikasi ini layak dijajal dan cara penggunaannya gampang tinggal klik dan klik. bereesssss....
Software ini sangat membantu bagi yang masih awan seperti saya silakan bisa unduh disini

,

Bagikan

0 komentar:

Posting Komentar

Ingin tulisan langsung ke Email Sobat?

Masukan alamat email anda:

Delivered by FeedBurner

Template by : kendhin x-template.blogspot.com