Selasa, 23 November 2010

Mudahnya membuat Aplikasi Portable sendiri


Aplikasi portable kayanya sudah tidak asing lagi buat Sobat. Banyak sekali bisa kita temukan baik yang mandiri alias cuma satu program, tapi ada juga yang bentuknya sudah dikemas dalam satu wadah, sehingga dalam satu paket kita bisa temukan bepuluh-puluh aplikasi siap pakai. Aplikasi portable yaitu aplikasi yang bisa kita simpan didalam flash disk sehingga penggunaanya walaupun di komputer yang kita gunakan tidak terinstall aplikasi yang kita butuhkan,

tetapi karena kita bawa flash disk yang didalamnya tersimpan aplikasi yang kita maksud, ya ngga jadi masalah. Tapi masalahnya kadang kita butuh aplikasi kesayangan kita, dan kebetulan belum menemukan yang sifatnya portable. terus bagaimana...?

Sekarang kita buat sendiri aplikasi tersebut, syaratnya kita punya aplikasi yang bernama Portable Apps creator 0972 beta silakan bisa diunduh disini juga bisa disini. Extract dulu filenya karena berbentuk Rar. Jangan lupa colokan dulu flash disk yang akan kita gunakan untuk menampung program portable kita nantinya. Jika sudah jalankan file yang pernama "PAC Compiler.exe", pertama program akan memeriksa apakah di hardisk kita sudah terdapat program "Autoit" apa belum, seperti gambar berikut.

Jika belum maka program akan otomatis mendownload Autoit bila kita tekan yes. dengan catatan kita sedang terhubung dengan internet. jika tidak silakan unduh dulu program Autoit dari sini bisa yang berbentuk autoit setup.exe maupun file yang berbentuk Zip. Kalau yang autoit setup.exe install dulu, jikakita menggunakan yang zip kita tinggal mengextractnya. Bila sudah terdapat autoit maka file yang tadinya bernama Pac Compiler berubah menjadi “Portable App Creator”. klik duakali file tersebut untuk memulai.
  1. Langkah pertama adalah kita harus menentukan lokasi drive Flash disk kita

2. Klik Next jika sudah ditentukan lokasi drive Flash disk kita. Kemudian bagian berikutnya kita isi dengan file installasi program yang kita inginkan untuk di jadikan portable.
Catatan: Ingat program yang akan kita install harus masih dalam bentuk program installer.exe bukan pogram yang sudah kita instal di komputer

3. Jika sudah klik next/Take 1st Shot, dan tunggu proses monitoring berlangsung.

4. Kemudian Klik next/Install Application Pastikan bahwa kita menginstaal program ke drive flash disk kita. lakukan penginstalan seperti layaknya kita menginstal ke hardisk. tunggu sampai kelar. seperti ini contohnya

5. Jika sudah beres klik next/getshorcut info. disini kita dihadapkan pada jendela untuk menentukan shortcut program kita. Isilah dengan file.exe yang ada di Flash disk kita. saya mencontohkan di F:\Software Informer\softinfo.exe jika sudah klik next.

6. Klik next lagi atau Open/Close untuk mencoba program bisa dibuka atau tidak. jika bisa maka akan muncul program yang kita install di flash disk. Klik Oke dan Close program, klik next/ take 2nd shots tunggu sampai proses kelar
7. Klik Process shots/next tunggu sampai proses done semua dan klik next lagi untuk proses terakhir tunggu sampai kompilasi program selesai....dan Klik done jika sudah.

Oke lah kalau begitu...sekarang program kesayangan kita sudah bisa dibawa kemana- mana

Bagikan

0 komentar:

Posting Komentar

Ingin tulisan langsung ke Email Sobat?

Masukan alamat email anda:

Delivered by FeedBurner

Template by : kendhin x-template.blogspot.com