Minggu, 21 November 2010

Dampak buruk fitur "My Recent Document " pada Komputer

Apakah Sobat sering menggunakan Komputer secara bersama atau bergantian, baik di kantor ataupun tempat kerja atau mungkin laptop Sobat juga sering dipinjam teman? hati-hatilah dalam menggunakan, terutama ketika kita membuka file yang sifatnya sangat pribadi. Sebenarnya sikap semacam ini juga berlaku bagi pengguna komputer pribadi sekalipun. Tindakan hati-hati lebih baik dari pada serampangan bukan? Emangnya ada apa..?
Sobat pasti tahu yang namanya

My Recent Document kan? tempatnya bisa kita akses melalui start dan tempatnya ada dideretan atas sebelsh kanan seperti gambar ini.


Fitur My Recent Document merupakan fitur yang berfungsi untuk menampilkan data-data baik itu berupa dokumen office , multimedia , ataupun folder yang diakses oleh user dalam bentuk shortcut yang fungsinya memudahkan dan mengingat kembali aktivitas yang dilakukan user.
Setelah dicermati ternyata fitur My Recent Document tidak hanya memiliki manfaat positif saja akan tetapi juga memiliki dampak negatif.

Seperti telah didefinisikan diatas, secara singkat manfaat positif fitur My Recent Document, yaitu:
  • Dapat mengetahui aktivitas yang kita lakukan pada komputer
  • Mempermudah pencarian files dan folder yang baru kita buka namun lupa namanya
  • Terdiri dari shortcut-shortcut file ataupun folder yang akan langsung membawa user pada file ataupun folder yang dituju
Lalu apa dampak negatif dari fitur My Recent Document ini pada komputer kita. Dari beberapa fungsi dan manfaat positif diatas sebenarnya dapat ditarik sebuah kerugian yang cukup besar jika orang lain memanfaatkan fitur ini dengan tujuan tidak baik, seperti :
  • Keuntungan pertama dari fitur My Recent Document adalah untuk mengetahui aktivitas yang kita lakukan. Hal ini bisa dimanfaatkan dan disalahgunakan untuk mengetahui/memata-matai kegiatan orang yang menggunakan komputer. Kita bisa mengetahui files ataupun folder apa saja yang diakses.
  • Tracking ataupun duplikasi data folder dan file pribadi kita yang penting. Hal ini bisa kita lakukan karena My Recent Document akan membuat shortcut yang fungsinya untuk memudahkan user untuk mengakses kembali ke file ataupun folder yang sudah dibuka. Coba bayangkan files ataupun folder pribadi yang sudah disimpan di tempat tersembunyi bisa diakses hanya dengan menjalankan shortcut-nya saja.
  • Bahaya ketiga sebenarnya bukan bahaya terhadap privasi user melainkan bahaya pada membengkaknya ukuran size dari MyRecent Document. Seperti kita ketahui My Recent Document akan menyimpan shortcut pada files ataupun folder yang kita buka. Walaupun ukuran shortcut itu kecil , apabila My Recent Document tidak pernah dibersihkan atau dihapus, ukuran akan semakin membengkak dan besar.
Disarankan agar rajin-rajinlah membersihkan My Recent Document setidaknya seminggu sekali ataupun sebulan sekali. Tapi bila sobat males membersihkan secara manual, gunakan saja software yang fungsinya tidak hanya membersihkan My Recent Document, tapi juga bisa membersihkan file - file sampah ( junk file bukan junk food= mungkin sama-sama kurang baik yaa) yang tidak berguna. Kita bisa menggunakan CCleaneratau yang lebih lengkap bisa pakai IOBit ToolBox atau menggunakan tool lain yang banyak bertebaran di Internet.

Jadi sebenarnya My Recent Document memiliki efek seperti mata pisau yang bisa berfungsi baik dan juga buruk tergantung orang yang memanfaatkan fitur ini. Semoga bermanfaat.

http://pusteka.depkominfo.go.id
Sumber : http://www.softholic.net/

Bagikan

0 komentar:

Posting Komentar

Ingin tulisan langsung ke Email Sobat?

Masukan alamat email anda:

Delivered by FeedBurner

Template by : kendhin x-template.blogspot.com