Selasa, 09 November 2010

Error Generic Host Process For Win32 bikin puyeng

Seperti biasa ingin sekedar menyapa teman FB, browsing dan juga posting, colok modem langsung konek internet, sejauh itu lancar - lancar saja.Tiba-tiba thoonng....muncul kotak dialog yang wujudnya seperti ini.



Saya belum ngeh, langsung saya klik tombol dont send. Kelihatnnya tak ada pengaruh apa-apa, tapi.... eeet nanti dulu, ternyata beberapa saat kemudian theme kompi berubah sendiri, yang tadinya pakai theme windows xp jadi theme klasik. Sementara saya biarkan saja toh hanya tampilan saja yang berubah, pikir saya begitu. Ternyata ini pengaruh juga ketika kita mau on line, satu dari keanehan yang saya alami ketika internet terputus mencoba dialUp kembali, yang normalnya pasti ada notifikasi dibagian tray nyambung ngga-nya kita bisa tau. Ini ngga nongol
blas...kemudian saya coba dial lagi, kemudian muncul peringatan bahwa modem sedang dipakai. kan jadi binuuun... alias bungung. Lantas saya restart komputer, moga moga sembuh ni penyakit. eeeh begitu icon di layar pada nonggol dialog box yang bunyinya sama kaya gambar yang diatas ikut nimrbung, Innalillahi wainna illaihi raji'un ngalamat sama.
Kemudian saya reboot lagi komputernya dengan mencoba booting dengan pilihan lastknown good Configuration, siapa tahu bisa mengatasi masalah. Tapi hasil sama, masih saja nongol peringatan itu. lantas saya coba untuk merestore system, tapi malah peringatan error juga yang nongol. Waah saya curiga jangan-jangan ini ulah virus nih. Tapi kan saya selalu update anti virus? masa sih bisa kena virus? kemungkinan bisa saja terjadi jika antivirus yang saya gunakan, didalam database antivirus tersebut belum terdaftar jenis virus yang bersarang dalam komputer saya. Lantas saya coba cari informasi tentang masalah ini, ternyata banyak juga yang pernah ngalamin.
Setelah wara wiri kesana kemari akhirnya menemukan beberapa solusi, diantaranya:
yang pertama, ada yang menyarankan mengutak atik registry caranya seperti ini
klik start
'Run' dan ketik 'Regedit'
Cari Key berikut ini:
HKEY_LOCAL_MACHINE > SYSTEM > CurrentControlSet > Services > Browser > Parameters
Temukan Key jendela sebelah kanan
yang bernama: IsDomainMaster
klik dua kali diatasnya
Isikan Datanya dengan: False
Cari key berikut
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Ole
cari Key
Name: EnableDCOM and klik duax di atasnya dan isikan nilainya dengan N
Kemudian PC saya restart,tapi belum juga bisa mengatasi. tetap saja nongol peringatan itu.

Kemudian saya coba saran kedua dengan menggunakan command console:
Klik start kemudian 'Run' dan ketik 'cmd'
Kemudian ketik 'netsh' didalam command console lalu enter
lalu ketik 'winsock' dan enter terakhir ketik 'reset'dan enter
Setelah itu PC saya reboot kembali, tapi ini juga belum membuahkan hasil.

Saya coba saran ketiga dengan mngunduh Update Patches Windows,padahal selama ini windows update PC saya selalu diseting jalan otomatis. tapi memang setelah masalah ini muncul otomatis
update-nya ngga mau jalan. setelah patch kecomot lantas saya install, tapi katanya ngga kompatible dengan service pack PC saya yang SP3, mungkin Patches ini untuk SP2 kali. Aduuuhh jadi mumeet niiih, kemudian bolak balik laman web lagi akhirnya ada sedikit pencerahan, ternyata kemungkinan PC saya terinveksi virus yang bernama Conficker atau Conflicker. Ciri-ciri cara kerjanya idem persis seperti yang saya alami ini diantarnya:
  1. Kita tidak bisa menghubungkan diri ke internet jika kita menggunakan dialup biasa ( yaitu settingan dialup yang kita bikin melalui connection wizard ), walaupun kita dial dan ada keterangan tersambung tapi nyatanya kita tidak bisa membuka laman web, dan notifikasi di bagian tray sama sekali ngga muncul. Jika kita dial ulang muncul peringatan modem sedang dipakai.
  2. Virus ini akan memblokir System Restore
  3. Windows Update otomatispun di nonaktifkan oleh virus ini
  4. Kita juga tidak bisa mengakses Services yang berjalan di sistem
  5. Ketika kita mau memutar file audio maupun video, akan keluar peringatan bahwa driver sound card tidak terinstall.
Dan lebih jelasnya tentang masalah seputar virus ini Sobat bisa sambangin laman blognya Mas Santo. Sempet kepikiran untuk install ulang System tapi aah males belum nginstall pogram yang lain yang terlalu banyak bejubel di pc. Biarin dah untuk sementara sambil cari jalan keluarnya. Nanti kalau sudah ketemu akan saya bagi lagi insyaallah. Lah kok ini masih bisa posting? Alhamdulillah ternyata pakai software bawaan dari modem bisa konek, walaupun memang pengaruh virusnya jadi bikin lemoooooot koneksi. Bener-bener bikin geraah!!


Bagikan

0 komentar:

Posting Komentar

Ingin tulisan langsung ke Email Sobat?

Masukan alamat email anda:

Delivered by FeedBurner

Template by : kendhin x-template.blogspot.com